Reportase

Apasih gurah Itu?

Gurah,mungkin bagi sebagian orang yang mendengar namanya pasti asing apalagi oarang awam yang tak pernah menginjakkan kaki di Pesantren.Namun  itu jadi hal yang biasa apabila kita berkunjung Ke Ponpes Al-Hikmah 02,pondok terbesar se-Jawa Tengah ini selalu mengadakan Gurah pada bulan Desember atau menjelang pergantian tahun masehi,seperti yang dilakukan para santri pada malam jum’at(23/12/10).

Tujuan Gurah sendiri selain untuk memperindah suara,metode ini juga baik untuk membersihkan kotoran-kotoran di sekitar rongga hidung,Paru-Paru sampai bagian kepala.

Prosesnya sangat sederhana namun menahannya merupakan perkara yang luar biasa sakitnya,pasalnya setelah ramuan Gurah dimasukan ke hidung maka serta merta peserta akan merasakan panas dan pusing mulai merasuk ke seluruh tenggorokan dan kepaladitambah pasien harus menahannya minimal selama 2 jam namun jika kotorannya banyak maka bisa lebih dari itu.

Santri yang telah melaksanakan gurah tidak diperkenankan memakan makana yang berminyak selama 7 hari,namun setelah pantangan itu dilakukan dan rajin membaca do’a yang diberikan oleh pembimbing maka hasilnya kepala serasa ringan,tak mudah terserang flu bahkan untuk hafalan pun jadi mudah.Mau coba siapa takut? datang aja ke Al-hikmah 02.

About miftah

Biasa dipanggil Miftah Wibowo. Santri asal Tegal yang pernah Ngangsu di Al Hikmah, Benda. Masih dan Selalu menjadi Santri Almarhum Abah Kyai Masruri Abdul Mughni. Sekarang Ngangsu di History and Civilization Departement, Arabic Faculty, Al Azhar university, Cairo. | Bookholic | Pecinta Kuliner | Traveler | Fotografi | Filateli | Suka Berkebun |
View all posts by miftah →

Leave a Reply

1 thought on “Apasih gurah Itu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *