Reportase

UNISSULA goes to Al-Hikmah 02

Tak seperti biasa,Masjid An-Nur yang biasa ramai dengan tahlil para santri pada malam jumat,kini(31/03) berubah menjadi tempat sosialisasi UNISSULA.Kunjungan kali ini adalah rangkaian dari program Pesantren keliling yang diadakan rutin setiap tahunnya, khususnya menjelang pergantian tahun ajaran baru. Kami sangat senag bisa berjumpa dengan para santri yang begitu banyak dan antusian seperti ini” ujar Agus Irfan selaku MC dan alumni Ponpes Al-Hikmah 02 tahun 2003.Lebih lanjut beliau mengatakan bahwa santri Al-Hikmah 02 yang sekarang ada d1 sana ┬átelah mencapai 110 santri yang mendapatkan beasiswa(bila sartin).

Jumlah santri yang mendaftar akan terus bertambah karena banyaknya minat para santri yang mendaftar dan ditambah dengan baiknya hubungan antara universitas Cyber ini dengan Pengasuh.

Universitas yang pernah memperoleh juara II dalam lomba robotik nasional setelah UGM ini ternyata memiliki sistem pembelajaran Buda’i(Budaya islam),yang mana kurikulum ini mewajibkan para mahasiswa supaya berakidah dengan berlandaskan ajaran islam,sistem tersebut meliputi:

  • Para mahasiswa wajib menghatamkan Al-Qur’an dalam kurun waktu 1 tahun.
  • Standar moral alias setiap mahasiswa diharuskan berpakaian secara syar’i dan wajib berjilbab bagi mahasiswi.
  • Wajib berjamaah, karena kurikulum jam kulkiah di sini jamnya tak ada yang bentrok dengan waktu sholat sehingga pada waktu Dhuhur dan Ashar khususnya para mahasiswa wajib melakukan shalat berjamaah.
  • Berkembangnya kajian peradaban islam,sepeti diskusi kecil membahas masalah keislaman di sekitar kita.
  • Seluruh kawasan adalah kawasan bebas rokok.

Selain keunggulan di atas ,Universitas pimpinan Prof.Dr.Laode. M.Kamaluddin ini juga mengharuskan setiap dosenya untuk segera melanjutkan kuliahnya ke jenjang yang lebih tinggi ,bagi yang S1 diharuskan ke S2, sedangkan S2 harus melanjutkan ke S3 di universitas luar negri.Kemajuan bahasa asing dalam UNISSULa tak kalah pesatnya, karena mulai tahun ini mahasiswa tak akan di wisuda hingga nilai TOEFLnya mencapai 450 sedangkan untuk TOAFL(bahasa Aarab) nilainya harus mencapai 400.

Universitas yang telah menggunakan teknologi Cyber dalam pengajaran selain mempunyai kerjasama dengan berbagai instansi dan perguruan Tinggi dalam negri ,ia juga punya relasi dengan Universitas terkemuka di luar negri seperti,Fateh University,Turki, Hirosima University,Japan, Hankook University,Korea, Moulay Islamic University,Maroko dan masih banyak lagi.Ini membuktikan bahwa universitas yang berwawasan pesantren ini talk main-main dalam menjaga mutu pendidikannya,selain menyediakan beasiswa bagi mahasiswa yang berprestasi ,tak tanggug-tanggung memberikan beasiswa penuh alias tak bakal mengeluarkan uang kulian dari awal hingga akhir semester bagi mahasiswa yang hafal Al-Qur’an secara sempurna.Bagi pembaca yang ingin mengetahui lebih banyak informasi mengenai universitas yang satu ini silahkan kunjungi websitenya.

Facebook Comments

Tagged , , , ,

About miftah

Biasa dipanggil Miftah Wibowo. Santri asal Tegal yang pernah Ngangsu di Al Hikmah, Benda. Masih dan Selalu menjadi Santri Almarhum Abah Kyai Masruri Abdul Mughni. Sekarang Ngangsu di History and Civilization Departement, Arabic Faculty, Al Azhar university, Cairo. | Bookholic | Pecinta Kuliner | Traveler | Fotografi | Filateli | Suka Berkebun |
View all posts by miftah →

Leave a Reply

9 thoughts on “UNISSULA goes to Al-Hikmah 02

  1. Penginya tetep ke MESIR memperdalam bahasa arab biar bisa baca kitab Al-Muqoddimah karya Ibnu Kholdun, dan setelahnya belajar kedokteran deh..tp dari MAK jadi dokter mungkinkah?

  2. ngga da yg ga mungkin khi….
    if u think u can, u can!!!!
    o yea khi…beritanya dah tak posting tuh…
    tolong di editin yaw….
    thks.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *