Cerita Berhikmah

Tiga ” UR ” yang mesti dimiliki Orang Tua

Indahnya Kebersamaan Keluarga

Layaknya orang tua dimana pun pasti menginginkan anak – anaknya berhasil, berbakti pada orang tua dan bisa bermanfaat untuk bangsa serta agamanya.

Orang tua yang baik pastinya akan sangat memperhatikan pendidikan putra putrinya sedari kecil, apalagi soal pendidikan karakter, orang tua harus menjadi figur yang baik supaya bisa dicontoh.

Namun kebanyakan orang tua sekarang banyak yang tak bersabar dalam mendidik anak sehingga ketika dia putus asa karena kenakalan si anak yang sudah keterlaluan, bukannya berdoa untuk kebaikan anaknya, malah nyupatani atau mengatakan kata sumpah serapah yang buruk untuknya. Bagai mana solusinya? Berikut plajaran yang di peroleh miftahuna dalam Acara pengajian dalam rangka Halal Bihalal keluarga.

Dalam pengajian yang disampaikan oleh Ustdz. Abdul Ghofur, Orang tua harus memiliki prinsip orang jawa dulu dalam mendidik anak , yaitu 3 UR  antara lain:

  • UR yang pertama yaitu TUTUR, oarang tua harus selalu menasehati anaknya tanpa kenal lelah walaupun si anak bandel orang tua harus tetap mengarahkannya dengan kata-kata yang santun supaya kelak di contoh, ibarat batu yang keras kalo terus tertetesi dengan air, lama kelamaan si batu akan berlubang , alias si anak akan mengeerti dengan semakin dewasanya sang buah hati.
  • UR yang kedua yaitu SEMBUR, maknanya yaitu Doa, orang tua harus senantiasa mendoakan orang tuanya, walaupun sudah dinasehati namun sikapnya belum berubah, jalan terakhir yaitu meminta kepada Allah untuk kebaikannya, jangan malah memarahinya bahkan sampai main pukul sampai semua tetangga tahu. Alhasil si anak tak akan betah di rumah, ia akan lebih suka bergaul dengan teman-te mannya di luar, niatnya mau memperinggatkan karena caranya salah akhirnya si anak malah menjauh dan kenakalannya semakin parah karena ia cenderung mendengarkan ucapan temenya daripada orang tuanya. ¬†sekarang siapa yang perlu disalahkan?
  • UR yang terakhir yaitu Uwur, yang artinya tak segan- segan mengeluarkan biaya seberapapun untuk anaknya, pastinya orang tua telah melakukan hal ini dengan sepenuh hati tanpa perhitungan.

Sekarang tinggal kita sebagai anak juga harus mengerti dengan hal ini, betapa besar pengorbanan orang tua. Coba betapa banyak biaya yang mereka keluarkan mulai dari kita masih dalam susuan, bersekolah dari mulai SD, SMP, SMA hingga sebesar ini, berapa banyak? masih juga tega melukai hati orang tua? Orang tua tak mengharapkan ssemua biaya ityu kembali yang mereka inginkan supaya kita lebih sukses dari mereka dan pastinya supaya kita berbakti kepada mereka.

Facebook Comments

About miftah

Biasa dipanggil Miftah Wibowo. Santri asal Tegal yang pernah Ngangsu di Al Hikmah, Benda. Masih dan Selalu menjadi Santri Almarhum Abah Kyai Masruri Abdul Mughni. Sekarang Ngangsu di History and Civilization Departement, Arabic Faculty, Al Azhar university, Cairo. | Bookholic | Pecinta Kuliner | Traveler | Fotografi | Filateli | Suka Berkebun |
View all posts by miftah →

Leave a Reply

5 thoughts on “Tiga ” UR ” yang mesti dimiliki Orang Tua

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *