Guci Tegal, Pemandian air panas di lereng Slamet

Welcome to Guci

Kalau anda ingin berlibur ke Provinsi Jawa Tengah Kabupaten Tegal tepatnya, sedikit ke arah Selatan terdapat tempat wisata pemandian air panas yang Bernama Guci. Obyek wisata yang terletak di kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal ini, memiliki panorama alam yang sangat inda, kontur pegunungan yang berhawa sejuk, hutan pinus yang menyapa sepanjang perjalanan akan membuat anda merasa senang berlama-lama di depan jendela mobil anda. Bahkan sebelum mencapai Guci anda akan melewati sebuah lembah dan ngarai yang sangat luas dan terdapat air terjun di tengahnya, mirip lembah wisata Ngarai Bukit Tinggi, Padang, Sumatra Barat.

  • Lokasi
Gerbang Kota slawi

Guci berada 40 km di selatan kota Tegal jurusan Slawi, Purwokerto. Anda akan melalui Lebaksiu. Sebuah kecamatan kecil, dimana sebagian besar penduduknya adalah migran pedagang martabak di kota- kota besar di segala penjuru tanah air. Dari Banda Aceh sampai Jaya Pura, termasuk sebagian besar yang ada di Jakarta. Selain Lebaksiu tadi, anda juga tidak boleh lewatkan Warung Sate Kambing. sesampainya di pertigaan Yomani ada penujuk jalan yg menunjukkan tanda arah Guci, belok kiri lewat Bumi Jawa, desa Tuwel dan akhirnya sampai diatas di ketinggian 1,050 meter dpl.
Kalau dari arah Jakarta kita bisa menggunakan kereta api atau bus dan turun di Kota Tegal. Setelah itu menggunakan angkutan arah bumi jawa dengan bus kecil (biasa disebut tuyul oleh warga setempat). Dan dilanjutkan dengan angkutan yang khusus ke obyek wisata ini.

Atau dari arah Semarang juga silakan ke arah terminal Tegal dulu.

  • Asal-usul
Teh Poci khas Tegal

Menurut mitos yang beredar selama ratusan tahun, air panas Guci berasal dari air pemberian seorang walisongo kepada seorang utusan, yang ditugaskan untuk menyiarkan Islam ke Jawa Tengah bagian Barat di sekitar Tegal. Karena air itu di bawa dengan menggunakan Guci (poci) serta mengandung berkah, maka masyarakat sekitarnya menyebutnya dengan air Guci.

Karena jumlah air di Guci tersebut terbatas sehingga lambat laun air itu mulai berkurang, hingga pada malam jumat kliwon salah seorang wali menancapkan tongkatnya dan dari tanah bekas tancapannya, keluar mata air panah yang jernih dan tak mengandung belerang. Sampai saat ini setiap malam jumat kliwon banyak wisatawan yang datang karena ingin mendapatkan khasiatnya serta berkah darinya. Menurut legenda obyek wisata ini di jaga oleh seekor naga yang bersemayang di sebuah gua di lereng Gunung Slamet, naga itulah yang membuat airnya berhasiat menyembuhkan berbagai penyakit.

Tak hanya itu, di atasnya juga terdapat air terjun setinggi 15 meter yang diberi nama Curug Jedor. Dinamai demikian, karena tanah tersebut dulunya dimiliki oleh seorang lurah bernama Jedor.

  • Khasiat
Pemandian air panas Guci

Tempat ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan karena selain tempat pemandiannya yang terletak di lereng Gunung Slamet, Airnya pun diyakini mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit. Menurut keterngan sekitar, kalau mandi sekali di tempat pemandian tersebut umur tampak berkurang 10 tahun. Jadi kalau anda berumur 30, kemudian mandi sekali maka anda tampak seperti remaja yang berumur 20 tahun.

Air yang dikeluarkan pada mata air ini adalah air hangat, walaupun mengandung belerang tapi tidak berbau menyengat dan berwarna. Karena airnya hangat dan mengandung belerang,jika berendam serasa dipijat-pijat seluruh badan.

  • Harga tiket

Untuk memasuki kawasan ini pengunjung dewasa dikenakan tarif Rp. 5.100, sedangkan untuk anak-anak sseharga Rp. 3.250 (April 2010 )

  • Akomodasi dan fasilitas lainnya

Di tempat wisata ini telah tersedia berbagai macam fasilitas, seperti kolam renang, Villa, Bumi perkemahan, lapangan tenis, sepak bola, peginapan kelas melati sampai hotel berbintang empat. selain itu bagi anda pecinta alam, paket wisata hutan juga sangat menarik untuk dicoba, di sana kita akan di ajak mengelilingi hityan disekitar hutan lindung yang mempunyai banyak spesies flora langka endemik gunung Slamet, seperti Beruk monyet atau kita kenal dengan kantong semar, tanaman unik ini selain memiliki corak dan warna yang indah juga termasuk tanaman pemakan daging.

  • Oleh-oleh dan souvenir
Oleh-oleh Khas Guci

Tak lengkap rasanya p[ulang tanpa membawa oleh-oleh, bagi abnda yang menyukai jajanyan, terdapat banyak manisan khas Guci dan souvenir kecil nan cantik yang siap diborong untuk keluarga di rumah.

Bagi anda yang ingin berkunjung ke Guci, jangan berkunjung setelah Lebaran karena menurut pengalaman penulis akan terjadi kemacetan panjang. Siapkan bekal dan mental anda, selamat mencoba!

6 Comments


  1. wah,. boleh tuh,.. hampir lima tahun di sini , aq belum pernah kecana tuh,..


  2. wah jadi inget waktu ke Guci deh,
    pengen kesana lagi, tapi kapan yah??


  3. aduh kapan ya bisa ke sana???
    liburannya ajha setaun sekali..
    boleh donk kapan2 cha di ajak khi..
    hhhe…


  4. kapan2 M2Net ngadain wisata bareng ke sana ..setuju?


  5. wah hebad banget miftah cinta tegal pi ga omdo…hehehe


  6. Untuk mencapai tempat wisata ini dari kota tegal berjarak sekitar 40 Km sedangkan dari Kota slawi sekitar 30 Km. Dapat ditempuh menggunakan kendaraan pribadi maupun umum seperti angkot maupun Bus. Dari terminal tegal dapat ditempuh dengan waktu kurang dari 1 jam. Saya sendiri ke guci dari kota purwokerto menggunakan sepeda motor bersama rombongan membutuhkan waktu kurang dari 3 jam. Jangan lupa pastikan bahan bakar anda masih penuh karena jalannya panjang dan menanjak dan tak ada pom bensin disana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *