Welujeng Surfing, Kami datang!

425025_363817557020624_1376158004_n
Kiri-kanan : Sufyan, penulis dan Farobi, delegasi Al-Hikmah

Senang dan bangga, itulah yang terlihat di wajah para relawan TIK asal Malhikdua, Bumiayu, Brebes. Setelah melakukan perjalanan melelahkan selama 8 jam dengan bus pariwisata Arjuna, akhirnya Sabtu pagi (28/4) para delegasi Malhikdua yang diwakili Sufyan, Farobi dan saya sampai di Bandung. Ini kali pertama, mereka para delegasi yang masih santri ini mengikuti acara Festival di luar kota, karena sebelumnya belum ada siswa malhikdua yang berhasil melobi dan meminta izin untuk mengikuti festival seperti ini, apalagi bertaraf nasional. Rencananya di Kota Kembang ini, mereka akan mengikuti serangkaian acara Festival TIK untuk Rakyat yang diselenggarakan di Polyteknik Telkom selama 2 hari. Festival nasional yang berlangsung mulai 28-29 April ini bekerja sama dengan Pemprov Jawa Barat, Telkom, Kemkominfo RI dan Relawan TIK.

Festival ini diselenggarakan sebagai wujud komitmen para Kepala Pemerintahan Negara dari berbagai penjuru dunia dalam Pertemuan Tingkat Tinggi Masyarakat Informasi Sedunia (World Summit on Information Society). WSIS pertama diselenggarakan di Jenewa, Swiss pada tahun 2003, sedangkan yang kedua di Tunisia tahun 2005. Dalam pertemuan Internasiaonal itu para Petinggi Negara membahas mengenai kebijakan dan program kesenjangan digital dan pengentasan kemiskinan, karena ini merupakan dua tipik utama pembangunan ektoral dalam pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

Acara ini akan diresmikan oleh Mentri Kominfo, Tifatul sembiring dan Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan. Selain itu acara ini juga dihadiri oleh berbagai kalangan seperti pejabat pemerintahan (Para Eselon 1 Kementrian Kominfo), Kepala Dinas di jajaran Pemerintahan Provinsi Jawa Barat, Kepala Dinas Kominfo Provinsi se-Indonesia, dan Kepala Dinas Kominfo Kabupaten/kota se-Jawa Barat, Industri telekomunikasi, perguruan tinggi, usaha kecil menengah, komunitas Tik, lembaga pelatihan TIK, masyarakat umum, pelajar dan lain-lain.

282766_363817903687256_1922214212_n
Bersilaturahmi dengan para Alumni disela acara festifal

Selain itu festival tingkat nasional ini turut menghadirkan narasumber seperti Ashwin Sasongko (Dirjen APTIKA), Mr,. Wisit Atipayakon (ITU Thailand), Itoc Tochija (Walikota Cimahi), Yasral Amir Piliang (Pengamat Sosial Budaya), Onno W. Purbo (pakar Open Source), Sabastian (Pakar IT dari Perancis), Yana Noviandi (Pemenang konervasi air sedunia, Mandala Mekar, Tasikmalaya), Yosi Suparyo (Combine RI), Hendri Subiakto (Staff Ahli Kominfo), Nukman Lutfie (Komunitas Tangan di Atas) dan sederet artis yang konsen terhadap TIK seperti: Sam Bimbo, Yovie widianto, Giring Nidji dan lain-lain.

Sebagai acara yang mempertemukan kebutuhan mayarakat akan perlunya penerapan TIK dengan para stake holder lainnya seperti pemerintah, perguruan tinggi, penggiat TIK, komunitas dan perusahaan yang memiliki kepedulian terhadap perkembangan TIK di Indonesia dan menjadikan seluruh masyarakatbisa menjadi relawan TIK.

6 Komentar


  1. woi…sip..sip…sekarang sdh ada pendelegasian ya..hmm mantap!


  2. Semoga adik2 kelas kita nanti juga bisa mengikuti event nasional yang sama, dan bisa lebih maju lagi. Bahkan nantinya bisa mengikuti event tingkat Asia hingga Internasional. Amin


  3. Terima kasih atas Comentnya, salam kenal.


  4. Hai miftah, aku kangen tulisan mu


  5. Aku kembali Mba, dengan cerita yang baru 😉

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *