Ngaji Yuk...!!

Tulang ayampun bangun dan bersyahadad

Dalam mengutus para utusannya Allah.Swt  selalu memberikan kekuatan sebagai bukti bahwa ia benar-benar seorang yang diutus oleh Allah.swt,Namun namun namanya berbeda tergantung pada tingkatan utusan tersebut .Sebut saja mukjizat,mukjizat diberikan kepada nabi dan rosul-Nya sedangkan karomah diturunkan kepada wali -wali Allah.

Seperti yang di sampaikan oleh KH.Masruri Abdul Mughni dalam pasaran libur semester 1,kitab yang dikaji kali ini adalah kitab  Nurud Dholam karangan syekh Muhamad An-Nawawi Al-Bantani.Pasaran kali ini Beliau yang yang menjabat sebagai Roisul  ‘Am NU Jawa Tengah menjelaskan beberapa karomah dari para sahabat dan wali.

Karomah yang pertama adalah yang dimiliki syekh Abdul Qodir Al-Jailani,Syekh yang disebut sebagai rajanya para wali ini suatu ketika berkata pada tulang belulang seekor ayam yang telah dimakannya”Kum bi idznillah!”(bangunlah atas izin Allah!) seketika itu juga sang ayang yang tadinya tulang belulang hidup kembali kemudian bersyahadad bahwa tiada tuhan melaikan Allah.swt dan Nabi Muhammad adalah utusannya,serta Syekh Abdul Qodir  adalah  waliyullah.

Pengasuh Dari Pondok terbesar Di Jateng,Al-Hikmah 02 ini memaparkan selain dari wali, para sahabatpun banyak yang mempunyai karomah seperti sahabar Umar bin Khotob yaitu bisa melihat sesuatu dari jarak jauh se4bagai contohnya ketika pasukan islam sedang diutus di Persia sedangkan Sahabat Umar sedang berkhotbah jum’at di Madinah ,tiba-tiba beliau berkata “Awas-awas ada musuh yang akan mengepung kalian di balik gunung”,sontak para jama’ah yang sedang mendengarkan khotbah langsung bingung karena mereka tidak tau apa yang sedang sahabat Umar lihat.Sedangkan sahabat Ali pernah marah marah terhadap tamunya  yang sombong karena ia tidak mau menghabiskan suguhan yang beliau berikan,tamunya pun bersumpah bahwasanya ia telah benar-benar memakan suguhan tersebut namun ketika sesuap nasi telah diambil dari dasar piring pun keluar sesuap nasi,sehingga walaupun sang tamu telah kenyang suguhan tersebut masih sama sepertin sedia kala.

Itulah karomah yang diberikan Allah.SWT kepada hamba-Nya yang benar-benar taat ,namun karomah yang paling besar derajatnya yaitu Istiqomah,yaitu ketika kita melakukan amal baik yang dilakukan secara terus menerus dan berkelanjutan.sudahkah kita beristiqomah terhadap semua amal-amal baik kita??

About miftah

Biasa dipanggil Miftah Wibowo. Santri asal Tegal yang pernah Ngangsu di Al Hikmah, Benda. Masih dan Selalu menjadi Santri Almarhum Abah Kyai Masruri Abdul Mughni. Sekarang Ngangsu di History and Civilization Departement, Arabic Faculty, Al Azhar university, Cairo. | Bookholic | Pecinta Kuliner | Traveler | Fotografi | Filateli | Suka Berkebun |
View all posts by miftah →

Leave a Reply

2 thoughts on “Tulang ayampun bangun dan bersyahadad

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *